Rumah

815 Views |  Like

oleh Riza Nur Afifah

IMG_5876

Setiap manusia mempunyai persepsinya sendiri akan ‘rumah’. Rumah adalah suatu lingkup sosial terkecil dan terdekat dalam hidup kita. Komponennya secara fisik merupakan tumpukan bata, kayu, atau bamboo, bahkan tanah liat, ataupun hanya sebatas susunan kardus, asalkan ada ruang yang tercipta.

Kadang tidak perlu luapan imaji fisik yang memberikan decakan kagum untuk mengekspresikan arti rumah di dalam hati, hati setiap kita. Kadang dengan hanya tembok sederhana, jendela seadanya, balutan genteng yang tak seberapa, namun ada makna di balik semua. Bahwa rumah adalah tempat kembali, bagi siapa saja yang pernah melangkahkan kaki pergi darinya.

Riza Nur Afifah
Alumnus arsitektur ITB. Saat ini saya merupakan junior urban designer di sebuah biro konsultan arsitektur (PDW-architects)
di Jakarta. Menulis bagi saya adalah cara saya untuk memahami dan membaca kembali. Menulis bisa menjadi cermin diri, dan menjadi cara bagi kita untuk mau belajar lagi dan terus mengasah diri. Bagi
saya, bidang arsitektur ataupun perancangan kota adalah sebuah ilmu dan wawasan yang harusnya diperkenalkan kepada seluruh
lapisan masyarakat. Lewat jalan inilah kita bisa berkontribusi.