CATATAN ARSITEKTUR

Bagi Ruang, Pencatatan (dalam) Arsitektur adalah sebuah aktivitas untuk menyampaikan informasi, opini atau kritik dalam berbagai bentuk tulisan yang terkait dengan arsitektur, kota dan lingkungan binaan, beserta segala permasalahannya. Catatan Arsitektur harus bersifat independen, sehingga tidak menjadi sebuah propaganda, glorifikasi produk arsitektur, iklan ataupun hiburan yang terfokus kepada diri sendiri.

jurnalisme-arsitektur-01

Secara umum, RUANG mengadopsi empat sudut pandang utama di setiap edisinya:

Empiris – Teoritis mengandalkan penelitian praktis maupun teoritis dalam menjelaskan pernasalahan, proses yang terjadi, fakta-fakta yang ada, definisi, dasar teori, atau penerimaannya di masyarakat.

Observasi persuasif terhadap tempat, subjek, situasi, atau fenomena-fenomena kehidupan sehari-hari yang terekam pada ruang-ruang arsitektur atau kota dalam jangka waktu tertentu.

Narasi membawa pembaca dalam sudut pandang penulis dalam menceritakan sebuah pengalaman atau proses dalam mengungkap fakta, asumsi ataupun opini.

Argumentatif mengulas pendapat terhadap sebuah realita dengan argumentasi akan sebab-akibat sebuah aksi atau reaksi.

Kategori-kategori ini hanya alat bantu tanpa bermaksud untuk mengotak-ngotakkan sudut pandang secara saklek, mereka kadangkala bertumpang-tindih satu dengan yang lain.

Ruang mendukung tulisan yang jujur, tepat, dan bermanfaat.

CALL FOR PAPERS

cfp

Ruang mengangkat pembahasan isu secara tematik. Namun, Ruang tidak akan berusaha mencari solusi terhadap permasalahan yang diangkat dalam setiap tema. Menurut kami, merupa pertanyaan yang baik dan tepat untuk mengawali sebuah wacana lebih diperlukan daripada terburu-buru mengambil solusi. Karenanya, setiap edisi akan dibuka oleh sebuah pertanyaan berupa call for paper yang akan melahirkan sebuah edisi digital. Edisi tadi menjadi pengantar bagi sebuah temuan awal dari tema yang ditampilkan. Pembahasan setiap edisi tersebut tidak akan pernah ditutup, karena kami percaya bahwa masih ada beribu cara pandang baru yang dapat disampaikan dalam tema-tema tersebut.

Silahkan kirimkan kontribusi anda untuk tema-tema di bawah (klik salah satu poster untuk informasi lebih lanjut mengenai CFP).

pemerintah_thumbnail government_thumbnail

komunitas_thumb

preservation_thumb preservasi_thumb

rumah_thumbnail

ruang-publik_thumb

ruang-5_arsitektur_thumb

karya_arsitek_thumbnail

jakarta_thumb

ars-hijau

ruang_thumb

 

PANDUAN BERKONTRIBUSI

Mari berkontribusi dengan mengelaborasi Call for Paper di atas dalam bentuk esai, karya fotografi atau videografi, sketsa, atau lukisan.

Esai

Sesuai topik-topik yang disinggung dalam CFP atau mengembangkan topik-topik baru sesuai tema.

Menggunakan bahasa yang lugas dan mudah dimengerti. Beri penjelasan atau catatan kaki untuk istilah yang sulit dipadankan dalam Bahasa Indonesia.

Artikel terdiri atas 1500-2000 kata dan disertai maksimal 8 gambar.

Setiap foto, ilustrasi, dan gambar diberi keterangan judul, nama fotografer atau seniman, sumber, dan nama pemegang hak cipta (jika diperlukan).

Untuk membantu proses penulisan, penulis dapat mempergunakan konsep dan sudut pandang yang dipaparkan oleh Ruang yang berjudul “Catatan Arsitektur” .

Video

Karya mengelaborasi tema Call for Paper. Karya dapat dilengkapi dengan esai sebagai narasi dari video. Tidak ada batasan durasi dalam karya video. Dokumen dapat berbentuk MPEG4, AVI, WMV, atau tautan ke sumbervideo (Youtube atau Vimeo)

Foto / Sketsa / Lukisan

Karya mengelaborasi tema Call for Paper. Karya dapat dilengkapi dengan esai sebagai narasi dari foto atau lukisan. Dokumen dapat berbentuk JPG, GIF, atau PNG dengan resolusi 200 dpi. Kontributor diberi kebebasan untuk menyusun sendiri karya foto dan lukisan dalam format Indesign CS3 (ukuran A5) disertakan dengan package file.

Informasi Umum

Ruang tidak bersifat komersil.

Ruang tidak membeli Hak Cipta untuk karya yang ditampilkan. Ruang hanya menyimpan, mengolah layout, mengalih-media-kan, memublikasikan, dan mencantumkan nama kontributor sebagai pemilik Hak Cipta artikel.

Konten artikel tidak menyinggung SARA atau bersifat propaganda.

Mohon sertakan biodata diri: foto dan profil singkat (± 150 kata) untuk kolom profil kontributor.

Pertanyaan dan saran dapat dikirimkan ke: membacaruang@gmail.com

Mari meresapi kreativitas tanpa batas!